Selamat Datang di Website Resmi Desa Rengel "Terwujudnya Masyarakat Desa Rengel yang Progresif, Tangguh, Mandiri, dan Sejahtera Lahir Batin"

Artikel

STUDI BANDING DAN PENINGKATAN KAPASITAS APARAT PEMERINTAH DESA DAN LEMBAGA DI DESA KATAPANRAME

06 Maret 2023 10:14:51  Admin Desa  762 Kali Dibaca  Berita Desa

Rengel.desa.id – Pemerintah Desa Rengel bersama Lembaga Desa mengikuti studi banding dalam rangka peningkatan kapasitas di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto pada Jum’at dan Sabtu (03 dan 04/03/2023). Turut hadir dalam giat tersebut antara lain Kepala Desa beserta Perangkat Desa, BPD, perwakilan Lembaga Desa PKK, LPMD, Karang Taruna, Posyandu, PPKBD, Poskesdes, dan pengurus aset desa.

Perlu diketahui, Desa Ketapanrame yang menjadi lokasi studi banding ini merupakan salah satu Desa Wisata di Jawa Timur yang pengelolannya sudah sangat maju dan terorganisir dengan baik. Begitu juga dengan tata kelola pemerintahan Desa Ketapanrame juga patut dijadikan contoh untuk desa-desa lain. Mengingat di Desa Ketapanrame mendapatkan begitu banyak penghargaan mulai dari penghargaan di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional. Desa Ketapanrame memiliki 5 (lima) unit usaha yang dikelola BUMDesa antara lain Unit Usaha HIPPAM, Unit Permodalan dan Kemitraan/Kios, Unit Usaha Wisata, Unit Pengelolaan Sampah, dan Unit Usaha Kandang Komunal/Peternakan.

Kegiatan tersebut diawali dengan pemberangakatan pada pukul 10:00 WIB, kemudian pada pukul 18:30 WIB dilaksanakan penyambutan dan pemaparan materi dari Pemerintah Desa Ketapanrame. Dilanjutkan pada besoknya Hari Sabtu (04/03/2023) dilakukan kunjungan ke semua Unit Usaha di Desa Ketapanrame. Tim dari Pemerintah Desa Rengel dibagi menjadi 5 (lima) kelompok sesuai unit usaha dan pada akhir kunjungan semua tim menuju ke Unit Usaha Wisata Taman Ghanjaran dan Sumber Gempong didampingi oleh BUMDesa Ketapanrame.

Kepala Desa Rengel, Bapak Mundir menyatakan, ”Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana berbagi ilmu dan pengalaman tentang cara peningkatan pengelolaan pemerintahan desa, lembaga desa, dan BUMDesa utamanya. Harapannya para aparatur desa bisa menambah pengetahuan serta wawasan tentang pemerintahan dan BUMDesa yang sudah maju di Desa Ketapanrame ini, sehingga ke depannya dapat diterapkan di Desa Rengel.”,terang beliau. (alf)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Tuban adalah Kita

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Peta Desa

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.104
    Kemarin:416
    Total Pengunjung:661.149
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.14.33.175
    Browser:Mozilla 5.0