Artikel

KADER PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (KPMD) DESA RENGEL IKUTI PELATIHAN DI BBPPMDDTT YOGYAKARTA

23 September 2021 13:51:52  Admin Desa  193 Kali Dibaca  Berita Desa

Rengel.desa.id- Pada tanggal 20 September sampai dengan 22 September 2021 Sebanyak 40 KPMD dari Kecamatan Rengel dan Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban mengikuti pelatihan di Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BBPPMDDTT) Yogyakarta. Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) sendiri adalah anggota masyarakat Desa dan Kelurahan yang memiliki pengetahuan, kemauan dan kemampuan untuk menggerakkan masyarakat , berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan pastisipatif (Pasal 1 Permendagri No.7 Tahun 2007 Tentang Kader Pemberdayaan Masyarakat).

       Semua peserta pelatihan dari masing-masing desa diwajibkan melakukan test rapid antigen pada H-1 keberangkatan. Test rapid antigen adalah salah satu persyaratan utama sebelum mengikuti pelatihan. Hasilnya semua dinyatakan negatif.

     Arum Lailatul F, wakil dari KPMD Desa Rengel menyampaikan bahwa selama pelatihan banyak sekali materi dan ilmu baru yang diperoleh. Secara garis besar, beberapa materi yang dibahas dalam pelatihan antara lain Tugas, Fungsi dan Peran KPMD, Kepemimpinan Kader, Komunikasi dan Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat, Penyusunan Hukum Desa dan Musyawarah Desa dan terakhir penyusunan RKTL (Rencana Kerja Tindak Lanjut). (ALF)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Tuban adalah Kita

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Peta Desa

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:429
    Kemarin:581
    Total Pengunjung:69.919
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.204.174.110
    Browser:Tidak ditemukan