Selamat Datang di Website Resmi Desa Rengel "Terwujudnya Masyarakat Desa Rengel yang Progresif, Tangguh, Mandiri, dan Sejahtera Lahir Batin"

Artikel

MOCHTAR RIADY INSTITUTE FOR NANOTECHNOLOGY (MRIN) KEMBALI MELAKSANAKAN PENELITIAN GOA NGERONG

21 September 2022 11:51:22  Admin Desa  65 Kali Dibaca  Berita Desa

Rengel.desa.id – Bertempat di Balai Desa Rengel, Tim Peneliti dari Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) Universitas Pelita Harapan Tangerang kembali melaksanakan penelitian dengan judul “Penelusuran Jejak SARS-CoV-2 dan Keluarga Virus yang Berpotensi Zoonosis pada Manusia, Hewan, dan Lingkungan di Area dengan Sirkulasi Kelelawar” pada Hari Selasa (20/09/2022).

Sebelumnya tim peneliti tersebut telah melakukan penelitian yang sama pada tanggal 23/06/2022. Sampel yang diteliti adalah orang-orang yang tinggal di dekat Goa Ngerong. Kegiatan tersebut selain difasilitasi oleh Pemerintah Desa Rengel juga bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Rengel, Bidan Desa dan Kader Desa Rengel.

Plh. Kepala Desa Rengel, Ahmad Ainut Taufiq dalam sambutannya menyampaikan bahwa,”Goa Ngerong yang terletak di Desa Rengel termasuk goa yang unik karena terdapat habitat kelelawar dan ikan yang jumlahnya ribuan. Baru-baru ini pandemi Covid-19 yang mewabah akibat Virus SARS-CoV-2 , menurut para ahli virus tersebut berasal dari kelelawar. Hal tersebut yang mendasari Mochtar Riady Institute for Nanotechnology untuk melaksanakan penelitian tentang penelusuran jejak Virus Zoonosis pada manusia, hewan dan lingkungan. Harapannya dengan adanya penelitian ini dapat bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi ke depannya.”,Terang Beliau.

Prof.dr. Herawati Sudoyo, Ph.D, Peneliti Utama Mochtar Riady Institute for Nanotechnology, menyampaikan bahwa,” Tujuan penelitian kami adalah menelusuri jejak dan sifat penyebaran SARS-CoV-2 di area dengan interaksi yang erat antara manusia dan hewan liar. Hari ini kami mengundang beberapa warga yang tinggal di dekat Goa Ngerong untuk diambil sampel darah dan dilakukan Test Antigen. Karena kami ingin mengetahui keragaman dan peredaran dari virus-virus berpotensi menimbulkan penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia di Goa Ngerong.”,Ungkap Beliau. (alf)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Tuban adalah Kita

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Peta Desa

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:76
    Kemarin:667
    Total Pengunjung:239.090
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.180.193
    Browser:Tidak ditemukan