Artikel

MOCHTAR RIADY INSTITUTE FOR NANOTECHNOLOGY (MRIN) MELAKUKAN PENELITIAN DI GOA NGERONG DESA RENGEL

23 Juni 2022 14:54:01  Admin Desa  21 Kali Dibaca  Berita Desa

Rengel.desa.id – Pada Hari Kamis (23/06/2022) Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) Universitas Pelita Harapan Tangerang melaksanakan penelitian dengan judul “Penelusuran Jejak SARS-CoV-2 dan Keluarga Virus yang Berpotensi Zoo-nosis pada Manusia, Hewan, dan Lingkungan di Area dengan Sirkulasi Kelelawar”. Hal tersebut yang menjadi dasar Goa Ngerong dijadikan tempat untuk penelitian, mengingat ada begitu banyaknya kelelawar yang hidup di area itu.

Kepala Desa Rengel, Mohamad Mokhtar menyatakan bahwa, “Goa Ngerong ini memang unik karena selain ada sumber air dan sungai yang mengalir juga ada habitat ikan dan kelelawar yang jumlahnya ribuan. Semoga dengan adanya penelitian ini dapat bermanfaat ke depannya dan berjalan lancar. Selain itu penelitian ini harapannya juga dapat menjadi acuan penelitian bagaimana hubungan tentang kelelawar dan manusia terkait virus yang baru-baru ini menjadi pandemi di dunia.”,Terang Beliau.

Prof.dr. Herawati Sudoyo, Ph.D, Peneliti Utama Mochtar Riady Institute for Nanotechnology, menyampaikan bahwa,”Hari ini kami mengundang beberapa warga yang tinggal di dekat Goa Ngerong untuk diambil sampel darah dan dilakukan Test Antigen. Karena tujuan penelitian kami adalah menelusuri jejak dan sifat penyebaran SARS-CoV-2 di area dengan interaksi yang erat antara manusia dan hewan liar. Selain itu kami juga ingin mengetahui keragaman dan peredaran dari virus-virus berpotensi menimbulkan penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia di Goa Ngerong.”,Ungkap Beliau. (alf)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Tuban adalah Kita

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Peta Desa

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:496
    Kemarin:798
    Total Pengunjung:99.395
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.207.133.27
    Browser:Tidak ditemukan