Selamat Datang di Website Resmi Desa Rengel "Terwujudnya Masyarakat Desa Rengel yang Progresif, Tangguh, Mandiri, dan Sejahtera Lahir Batin"

Artikel

LAUNCHING WISATA GOA NGERONG SEBAGAI IKON DESA RENGEL PADA PROGRAM DESA BERDAYA TAHUN 2022

01 Desember 2022 14:03:10  Admin Desa  101 Kali Dibaca  Berita Desa

Rengel.desa.id - Program Desa Berdaya adalah Pengembangan Desa Tematik (Iconic) melalui Economic Branding yang dapat mendorong kemampuan desa untuk bangkit kembali. Kegiatan ini merupakan peluang inovatif untuk mendorong kebangkitan perekonomian desa secara kreatif agar terus mampu bersaing dan meraih keunggulan sekaligus mampu mempertahankan kemandirian desa. Hal ini selaras dengan pencapaian tujuan SDGs terkait dengan aspek perekenomian desa melalui kelembagaan desa yang dinamis.

Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, pada tahun 2022 merupakan salah satu desa yang mendapatkan Program Desa Berdaya. Pengembangan Wisata Goa Ngerong merupakan fokus utama dalam pembangunan Program Desa Berdaya Desa Rengel. Hal itu dikarenakan Wisata Goa Ngerong merupakan salah satu Ikon Desa Rengel yang sudah dikenal oleh masyarakat.

Pada Hari Rabu (30/11/2022) Tim Desa Berdaya melaksanakan Launching Wisata Goa Ngerong sebagai Ikon Desa Rengel pada Program Desa Berdaya Tahun 2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Disbudporapar Kabupaten Tuban, Dinsos P3A dan PMD Kabupaten Tuban, Konsultan Desa Berdaya Jawa Timur, Forkopimka Kecamatan Rengel, PD dan PLD Kabupaten Tuban, Kepala Desa beserta Perangkat Desa, Tim Desa Berdaya dan Lembaga Desa.

Acara tersebut diawali dengan jalan bersama dari Pendopo Balai Desa Rengel sampai dengan Wisata Goa Ngerong disertai iring-iringan Reog Ponorogo dan Tari Jaranan di belakang rombongan. Selanjutnya setelah sampai di Wisata Goa Ngerong dilakukan pemotongan pita dan disambut oleh tari-tarian serta Anoman.

Kepala Desa Rengel, Mohamad Mokhtar menyatakan dalam sambutannya,”Terimakasih kami sampaikan kepada segenap Bapak/Ibu tamu undangan yang hadir pada hari ini. Setelah di Launchingnya Wisata Goa Ngerong sebagai ikon Desa Rengel melaui pengembangan pembangunan, semoga ke depannya mampu menambah daya tarik pengunjung. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) Desa Rengel. Semoga hari ini kegiatan Launching Program Desa Berdaya dapat berjalan lancar sampai dengan akhir.”, Ungkap Beliau.

Perwakilan dari Dinsos P3A dan PMD Kabupaten Tuban, Kuntil, menyampaikan dalam sambutannya,"Program Desa Berdaya ini adalah Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Provinsi Jawa Timur. Alhamdulillah pada tahun 2022 ini Kabupaten Tuban ada empat desa yang mendapatkan Program Desa Berdaya. Antara lain Desa Rengel Kecamatan Rengel, Desa Mandirejo Kecamatan Merakurak, Desa Sadang dan Desa Kebonharjo Kecamatan Jatirogo. Semoga dengan adanya Program Desa Berdaya dapat bermanfaat secara optimal dan dapat berkelanjutan.”,Jelas Beliau.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga serta Pariwisata (Dibudporapar) Kabupaten Tuban M. Emawan Putra mengemukakan dalam sambutannya, “Saya ucapkan selamat kepada Desa Rengel karena sudah melaksanakan Program Desa Berdaya hingga dapat Launching pada hari ini. Harapannya Tim Desa Berdaya dapat berkolaborasi bersama Pokdarwis dan pengelola Wisata Goa Ngerong untuk mewujudkan wisata ini lebih dapat dikenal oleh masyarakat secara Nasional. Mengingat Wisata Goa Ngerong merupakan salah satu wisata yang potensial, sehingga kedepannya semua pihak harus dapat bekerja sama untuk keberlanjutan pengelolaan Wisata Goa Ngerong.”,Terang Beliau. (alf)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Tuban adalah Kita

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Peta Desa

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:442
    Kemarin:1.818
    Total Pengunjung:303.297
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.70.233
    Browser:Tidak ditemukan