10 Agustus 2019 12:23:23
Ditulis oleh Admin

Sosialisasi Perhutanan Sosial Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Tuban

Rengel.desa.id (10/8/2019) Bertempat di Pendopo Kantor Desa Rengel, Hari Sabtu, tanggal 10 Agustus 2019, diadakan Sosialisasi Perhutanan Sosial yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban. Hadir pada acara tersebut 3 (tiga) orang Narasumber, yaitu . Aizah Tisinawati selaku Kabid Kemitraan Konservasi Dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup, Ali Baharuddin selaku Kasatgas perhutanan Sosial, dan Darmanto selaku Kepala Resot Pemangku Hutan Kecamatan Rengel.

Berdasarkan pemaparan Azizah Tisinawati dan data statistic SE (Sensus Ekonomi) tahun 2016, seperti yang dikutip dalam laman halopantura.com tanggal  23/7/2017,Kabupaten Tuban tercatat dalam daftar kabupaten dengan peringkat 5 (lima) Kabupaten dari 38 Kabupaten/Kota termiskin se Jawa Timur. Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tuban terus berupaya mendongkrak kesejahteraan hidup masyarakatnya, diantaranya adalah mensukseskan Program Perhutanan Sosial dalam upaya pengentasan kemiskinan, seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.83 Tahun 2016 tentang Perhutanan Sosial.

Perhutanan Sosial sendiri adalah sebuah program yang dicanangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia guna mensejahterakan masyarakat khususnya masyarakat penggarap lahan perhutanan (pesanggem). Ali Baharuddin menyatakan, bahwasanya luas hutan produksi di Desa Rengel sendiri mencapai angka 98 Hektar, yang dikerjakan oleh 135 Kepala Keluarga. Banyak manfaat yang akan didapatkan oleh warga dengan adanya Program Perhutanan Sosial, diantaranya adalah petani akan mendapatkan SK atas lahan garapan yang berada pada lahan perhutani tersebut. Selain itu, petani juga berhak mendapatkan  pupuk yang bersubsidi. Darmanto menambahkan, dengan adanya program tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan taraf hidup masyarakat atau petani penggarap lahan perhutanan demi tercapainya masyarakat yang lebih sejahtera. (AJ/RGL)


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus