03 Mei 2019 07:01:37
Ditulis oleh Admin

Lomba Green and Clean Desa Rengel

Rengel.desa.id (03/05/2019). Green and Clean, sebuah istilah yang tak lagi asing di telinga kita semua. Istilah yang sering kita dengar dan dibahas di berbagai media. Lalu apakah sebenarnya Green and Clean itu? Green and Clean adalah suatu program yang bertujuan menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, hijau dan sehat untuk dihuni oleh masyarakat yang dicapai melalui terselenggaranya beberapa kegiatan yang menitikberatkan pada pengolahan sampah dan penghijauan. Pengolahan sampah rumah tangga meliputi pemilahan, pemanfaatan sampah organik dan anorganik . selain didukung oleh pihak pemerintah, harus pula didukung masyarakat terutama ibu rumah tangga sebagai pilar utama dalam keluarga. Memang tidak bisa dipungkiri,seiring perkembangan zaman bahwa Green and Clean bukan merupakan sebuah tuntutan, melainkan menjadi sebuah kebutuhan dan keniscayaan. Tanpa disadari pesatnya perkembangan peradaban mendorong kita semua untuk berprilaku modern, mengabaikan dampak lingkungan dan mengesampingkan pola hidup sehat. Dengan program Green and Clean diharapkan akan tercipta semangat baru dalam era modern untuk tetap mempertahankan budaya hidup bersih, hijau dan sehat tersebut.

Untuk menghidupkan semangat itu, Pemerintah Kabupaten Tuban menggelar lomba Green and Clean untuk desa-desa se wilayah Kabupaten Tuban. Desa Rengel dalam hal ini mendapatkan kesempatan kunjungan atau penilaian pada Hari Kamis tanggal 02 April 2019, tepatnya di wilayah lingkungan Dusun Purboyo Mayang Sekar RT.02 RW.05. Kemeriahan tampak begitu jelas ketika Tim juri datang ke lingkungan untuk memberikan penilaian. Dengan disambut alunan seni tongklek dari JLT Budoyo pemuda Karang Tengah diiringi yel-yel dari Ibu-ibu Tim Penggerak PKK Desa Rengel yang tak diragukan lagi kekompakannya, menjadikan suasana lomba semakin semarak.

Setelah datang ke lokasi lomba, tak lama tim juri langsung terjun untuk melakukan penilaian. Tampak banyak hal yang dinilai, diantaranya adalah kebersihan dan hijaunya lingkungan atau pekarangan warga. Selain itu, tim juri juga menilai salah satu rumah yang menjadi pola percontohan rumah dengan standart Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ada beberapa poin yang dinilai mulai dari kebersihan hingga standart menu makanan sehat. Setelah sesi penilaian lingkungan berahir, tim juri melakukan dialog interaktif kepada warga dan Tim Penggerak PKK. Disampaikan oleh Tim Juri bahwasanya juri begitu mengapresiasi keseriusan Warga Desa Rengel, Khususnya Warga RT.02 RW.05 dalam menyelenggarakan lomba. Tim juri mengharapkan bahwa budaya green and clean harus tetap dipertahankan atau berkelanjutan, tidak hanya ketika lomba saja tetapi setelah lomba, program harus tetap berjalan. (AJ/RGL)


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus