10 April 2019 15:17:54
Ditulis oleh Admin

Sedekah Bumi Makam Gembong Tahun 2019

Rengel.desa.id (10/4/2019). Hidup dikandung adat, mati dikandung tanah, itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan situasi pelestarian adat dan budaya yang dihelat di Dusun Gembong Desa Rengel pada hari Rabu, 10 April 2019. Hari itu cuaca tidak begitu panas, matahari tampak sedikit redup namun suasana kekhidmatan tampaklah begitu jelas. Tak lain adalah acara sedekah bumi Makam Gembong, acara tahunan yang sudah menjadi tradisi turun temurun dan masih terus dilestarikan. Kepala Dusun Gembong, Afianto menuturkan bahwa acara semacam ini merupakan warisan budaya yang harus dijaga agar tidak hilang ditelan jaman. 

Dikutip dari laman Wikipedia Indonesia arti dari Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.[1][2][3][4][5] Upacara ini sebenarnya sangat populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.[5][6]

Acara yang dihadiri oleh ratusan warga Dusun Gembong ini  berjalan dengan tertib dengan pertisipasi masyarakat yang antusias. di tengah terpaan moderenisasi jaman yang begitu dahsyat, dengan semakin berkembangnya teknologi ahir-ahir ini, cukup dapat diapresiasi dengan baik manakala suatu daerah mampu bertahan dan mempertahankan kearifan budaya lokal yang sudah disandang bertahun tahun atau bahkan berabad lamanya. Sedekah bumi merupakan refleksi kerukunan dan semangat gotong royong yang terus terjalin antara masyarakat pada konteks sosial budaya. Sehingga pembahasan terkait tradisi sedekah bumi  sesuai dengan sebuah teori fungsional dalam kebudayaan. Dalam artian bahwa kebudayaan merupakan suatu sistem makna-makna simbolis(symbolic system of meanings) yang sebagian diantaranya memberikan pandangan pada suatu hal yang menjadi kenyataan dan menjadi keyakinan masyarakat. Kemudian sebagian yang lainnya menjadi beberapa harapan normatif bagi masyarakat (O’Dea, 1996: 4).

Namun pada konteks yang lain, bahwa sedekah bumi jg mempunyai sisi relijius, rangkaian acara yang diselenggarakan dibungkus dengan ritual keagamaan, termasuk memanjatkan doa kepada Allah SWT berharap semoga diberikan keberkahan dalam menjalani setiap sisi kehidupan.  (AJ/RGL)

 


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus